Dunia
pendidikan adalah dunia yang paling membutuhkan teknologi ini. Sistem
pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) mungkin akan mencapai sasarannya
dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa dapat langsung melihat dan
mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa
membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat
memilih periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan
hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar hidup dari subjek yang
dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan
lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarikakanmedia
penyajiannya. Anak-anak usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun akan
mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik
kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat
“menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat
kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
• Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran.
• Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran.
• Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.
• Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan.
• Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain.
• Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan.
• Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran.
• Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran.
• Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini.
• Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran.
• Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan.
• Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri.
• Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
• Multimedia menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi.
• Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
• Multimedia memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
• Siswa dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai dengan minat dan kehendak sendiri.
Refrensi:
http://fahmi180209.blogspot.com/2012/04/multimedia.html
http://iwansya.blogspot.com/2013/01/pengertian-multimedia.html
http://kikipradikta.blogspot.com/2012/10/pengertian-multimedia.html
library.binus.ac.id/eColls/eThesis/.../2008-1-00046-IF-Bab%202.pdf
kk.mercubuana.ac.id/files/19024-2-267969294777.doc
www.library.upnvj.ac.id/pdf/5FIKS1TI/207511087/BAB.2.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar