text

Selamat Datang di ferry's site

Jumat, 03 Juni 2011

Manusia dan Kegelisahan

Gelisah adalah perasaan yang tidak tenteram, hatinya selalu tidak tenang memikirkan hal-hal yang membuatnya cemas, khawatir dan tidak sabar. Perasaan gelisah sering dirasakan oleh seseorang yang tidak percaya diri. Sebagai contoh, gelisah menunggu hasil ujian dibagikan oleh dosen. Seandainya dia percaya diri karena sudah belajar di waktu sebelumnya seharusnya dia hanya tinggal berdoa semoga nilai ujiannya baik dan memuaskan. Salah satu faktor yang juga membuat kita gelisah adalah lupa atau lalai dalam mengerjakan sesuatu, sehingga hasil yang nanti akan kita dapatkan tidak menentu.

Untuk mengatasi rasa kegelisahan biasanya kita banyak berdoa akan hasil yang akan kita capai memuaskan dan kita juga harus percaya dengan dirinya akan apa yang dikerjakan itu adalah benar. Konsekuensi dari kelalaian kita harus dihadapi dengan lapang dada. Saya sendiri pernah merasakan kegelisahan yang begitu hebat saat ingin mengetahui apakah saya lulus ujian SMA atau tidak. Perasaan cemas akan hasil yang buruk selalu membayangi pikiran saya. Tetapi kembali lagi kepada kepercayaan diri saya, saya yakin apa yang saya kerjakan benar dan juga sebelumnya saya sudah berusaha belajar untuk dapat mengerjakan soal-soal yang yang ada. Saya juga sudah berdoa agar Tuhan Yang Maha Esa mengabulkan doa saya agar saya bisa lulus dengan hasil yang baik . Tentu untuk memerangi rasa kegelisahan harus ada rasa optimis dalam diri kita. Pada saat saya mendapatkan pemberitahuan dari sekolah, saya yakin saya lulus, dan benar ternyata saya dapat lulus dengan nilai yang memuaskan.
Saran saya jika anda sedang menghadapi masalah yang membuat anda gelisah adalah perlunya rasa yakin terhadap diri akan apa yang kita kerjakan sudah benar, rasa optimia bahwa kita bisa melakukan segala sesuatu dengan baik dan juga senantiasa berdoa agar apa yang kita lakukan mendapatkan hasil yang memuaskan. 
Seseorang tidak dapat sendirian di dunia ini. Mereka pasti membutuhkan teman yang dapat menemaninya di dalam kesehariannya, baik teman untuk bermain maupun teman untuk berbagi masalah. Tetapi terkadang orang merasakan kesepian yang begitu besar sehingga membuat mood nya tidak baik, padahal banyak orang yang ada di sekitarnya yang mau berbagi cerita dengannya. Kesepian itu sendiri merupakan perasaan yang sunyi yang merasa tidak punya siapa-siapa untuk berbagi. Setiap pernah merasa sepi, tetapi kesepian yang melanda orang tersebut tergantung dengan mentalnya, jika mentalnya kuat untuk sembuh, maka akan cepat ia bergabung kembali dengan teman-temannya dan kembali lagi ceria, tetapi jika mentalnya kurang kuat ia akan merasaka kesedihan yang sangat lama, sehingga akan larut terus dalam kesedihan itu terus, sampai ada orang yang menyadarkannya bahwa ia tidak sendirian.
Untuk itu kita harus menemani orang yang sedang kesepian, mengajaknya berbicara hal lain yang menyenangkan untuk sejenak melupakan masalah yang dihadapinya. Teman sangat berperan penting agar kita tidak mengalami kesepian. Jangan jauhkan orang yang sedang kesepian karena tindakan itu bukan malah menenangkannya tetapi malah membuat ia menjadi asing. Dan merasa jauh dari orang lain. Dan itu justru membuat mentalnya lebih down lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar